Pameran Lukisan 3D, Kenalkan Trick Art di Indonesia

P
KORAN JAKARTA/ ZAKI MUHAMMAD’

Beberapa diantara kita mungkin sudah pernah menemukan lukisan 3D yang sukses memanipulasi daya pandang manusia, baik terlibat langsung maupun hanya sebatas memandang lewat internet. Ya, Tipuan gambar ini dikenal dengan sebutan “Trick Art”.

Sebagai bagian untuk memerkenalkan, sekaligus menghadirkan karya seni trick art kelas dunia kepada pencinta dan pencipta seni Indonesia, PT Tree Communication mengelar sebuah eksibisi seni bertajuk “Trick Art Japan” 3D Exhibition.

Mengambil lokasi di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (2/11), pameran tersebut menampilkan sejumlah lukisan unik yang memanfaatkan tiga unsur utama dalam penciptaan ilusi penglihatan. Ilusi geometri yang mengacu pada konsep struktur benda, ilusi physiological yang merupakan proses antara otak dan mata, serta ilusi yang mengedepankan rasa dan alasan.

Berlangsung selama dua bulan penuh, tepatnya dari 2 Desember 2012 hingga 3 Februari 2013, ajang ini memamerkan koleksi karya seni trick art yang sedang digemari di kancah internasional. Jika dalam pameran lukisan pengunjungnya tidak boleh mengambil gambar atau menyentuh, namun dalam pameran ini pengunjung atau penikmat lukisan justru wajib berinteraksi langsung dengan menyentuh dan berfoto bersama karyanya.

Dengan begitu, kita bisa langsung merasakan ilusi yang disajikan oleh karya lukisan tesebut. Jadi dengan berfoto langsung bersama lukisan-lukisan trick art ini, hasilnya akan terlihat nyata. Kita akan mengalami kejadian asli yang diceritakan dari lukisan tersebut.

“Seni Trick Art ini sebetulnya penggabungan dari warna dan sudut perspektif yang membuat lukisan akan terlihat 3D. Lukisan ini belum komplit jika kita belum berinteraksi, kita harus jadi satu dengan lukisan ini,” terang Mr Kamiyama, perwakilan Trick Art Japan 3D Exhibition kepada Koran Jakarta.

Trick Art merupakan wadah edutainment yang menyenangkan, mengundang partisipasi penuh para pengunjung untuk menyentuh dan memotret diri dengan karya-karya tersebut. Perpaduan warna, perspektif serta teknik pencahayaan yang detail akan menciptakan efek tiga dimensi (3D) yang terbentuk dari rangkaian lukisan pada objek datar.

Pihak panitia berharap, dengan diadakan ajang ini bisa dijadikan sebagai wadah pendidikan yang menghibur dan menyenangkan bagi para pengunjung. Pameran lukisan 3D ini juga kiranya dapat menarik perhatian beberapa komunitas besar di Indonesia, seperti komunitas fotografi, cosplay, pelajar, dan penggemar trick art.

Selain untuk memamerkan salah satu bentuk seni modern di dunia, eksibisi ini juga diharapkan dapat memicu minat para pengunjung hingga mendorong berkembangnya seni trick art di Indonesia.

Untuk dapat menikmati pameran trick art sambil mengabadikan foto-foto seru, pengunjung yang masuk kategori dewasa akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah di hari biasa dan 75 ribu rupiah saat akhir pekan. Sedangkan untuk pelajar dan anak-anak dikenakan 35 ribu di hari biasa dan 50 ribu saat akhir pekan. ger/R-4

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s