Mengenal Jenis-Jenis Cat Melukis

Dalam kegiatan melukis, ada saatnya anak-anak diajak untuk menggunakan cat. Entah untuk melukis di atas kertas atau untuk memberi warna bahan-bahan tertentu, seperti kain, kaleng atau mungkin batu. Pada saat itu, seorang guru harus menentukan cat jenis apa yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut. Berikut adalah beberapa jenis cat dengan masing-masing kegunaannya.

Cat Air

cat-air-padat-merk-lyra ai
Cat Air berbahan dasar air atau mengunakan air sebagai pengencernya. Cat ini cocok untuk melukis di atas kertas. Sifatnya transparan dan mudah mengering. Jika digores di atas kertas, kertas akan sedikit menggelembung. Terdapat dua jenis cat air yang beredar di pasaran, yaitu cat air dalam kemasan tube dan cat air kering seperti gambar di samping.

Cat Poster

imagesp
Cat Poster juga berbahan dasar air, namun bedanya sifat cat ini lebih pekat (opaque). Cat ini untuk digunakan melukis di atas kertas. Cat poster yang beredar di pasaran biasanya dalam bentuk botol kecil.

Cat Acrylic

ac 796684_dsc_2688abk
Cat Acrylic juga berbahan dasar air, sifatnya pekat. Cat ini cocok untuk melukis di atas kanvas, atau bisa juga untuk melukis di kain, stryfoam, kayu atau gerabah.

Cat Tekstil

imagesl

Cat Tekstil berbahan dasar air. Cat jenis ini khusus untuk melukis di atas kain. Cat ini cocok untuk kegiatan melukis t-shirt, sepatu kanvas atau tas kain. Setelah cat mengering bidang lukisan harus disetrika, namun besi setrikaan jangan mengenai langsung lukisannya.

Cat Minyak

b images
Cat Minyak memiliki minyak pengencer khusus yang biasanya dijual terpisah dalam kemasan botol. Namun dapat juga menggunakan Thinner sebagai pengencer dan membuat cat lebih cepat mengering. Thinner biasanya dipakai bagi anak yang belajar melukis. Karena bahan Thinner ini mudah terbakar dan mengeluarkan bau yang menyengat, maka disarankan untuk anak-anak yang sudah cukup besar dan di bawah pengawasan orang dewasa. Dan, kelemahan lain dari Thinner ini membuat cat pada lukisan tidak tahan lama, cat menjadi retak-retak.

Berikut ini adalah rangkumannya dalam bentuk tabel:
Jenis Cat Bahan
pengencer Dasar lukisan Keterangan
Cat Air Air Kertas Cukup cepat mengering
Cat Poster Air Kertas Cukup cepat mengering
Cat Acrylic Air Kanvas, kayu, Styrofoam, kayu, gerabah Cepat mengering
Cat Tekstil Air Tekstil/kain Cukup cepat mengering
Cat Minyak Minyak Kanvas Lama mengering

Artikel yang akan dimuat selanjutnya adalah: “Mengenal Macam-macam koas”

Ditulis oleh: Franz Dwiono, 19 mei 2011
Didukung oleh: PT LYRA AKRELUX, supplier alat-alat menggambar merk Lyra, Giotto & Das
Facebook:
Lyra – Giotto – Das Indonesia
Mr. Macker Art Studio

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s