Melukis di Atas Kanvas Besar

Melukis di Atas Kanvas Besar

Melukis di Atas Kanvas Besar – Kanvas merupakan salah satu media lukis yang paling sering dipergunakan. Tampaknya melukis di atas kanvas besar mampu mendorong seseorang untuk lebih ekspresif menuangkan gagasan. Ketika seorang pelukis sudah terbiasa melukis di atas kanvas berukuran kecil, melukis di atas kanvas besar memiliki kerumitan tersendiri. Tak jarang pelukis kehilangan ide atau terpecah konsentrasinya saat melukis di atas kanvas besar. Jika hal ini terjadi pada anda, silakan ikuti beberapa langkah berikut ini:

melukis di atas kanvas besar

Ukur Subjek Gambar

Jika anda ingin melukis di atas kanvas besar, yang pertama harus anda lakukan adalah mengukur seberapa besar subjek gambarnya. Tentukan apakah anda ingin melukis dengan skala sama atau lebih besar. Jika anda ingin memproyeksikan objek di kanvas kecil di kanvas yang lebih besar, otomatis anda harus mengubah skala subjek tersebut. Pengaturan skala akan membuat lukisan anda lebih akurat, bentuknya tidak berbeda dengan foto aslinya. Melukis di atas kanvas besar tidak selalu lebih baik daripada di kanvas kecil, begitu pula dengan tingkat kerumitannya. Seseorang yang sudah terbiasa melukis di kanvas kecil kemudian berpindah ke media yang lebih besar juga bisa mengalami kesulitan. Untuk itulah diperlukan penyesuaian, caranya adalah dengan sering mencoba.

Pakai kuas yang lebih besar

Saat melukis di atas kanvas besar, ukuran kuas juga harus menyesuaikan. Memakai kuas untuk melukis subjek yang besar akan memakan waktu lebih lama. Namun tidak apa jika objek yang ingin dilukis memiliki detail yang cukup rumit. Fungsi utama kuas besar adalah untuk mempercepat melukis pada bidang yang besar. Sedangkan fungsi kuas kecil adalah untuk memberikan detail pada lukisan tersebut. Saat anda memoleskan kuas, jangan hanya berdiri di satu tempat. Anda perlu bergerak dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah agar hasil lukisan benar-benar akurat.

Bagi bidang lukisan

Jika anda kesulitan melukis subjek yang terlalu besar, anda bisa membagi-bagi kanvas tersebut menjadi beberapa bidang. Misalnya anda ingin menggambar kepala manusia, anda bisa membagi kanvas menjadi 4 bagian, kiri atas, kiri bawah, kanan atas, dan kanan bawah. Teknik ini akan membantu anda mempercepat proses melukis dan memberikan hasil yang lebih akurat. Tips ini juga bisa anda pergunakan saat melukis dengan akrilik.

Sebenarnya ukuran kanvas tidak terlalu masalah bagi seorang pelukis. Semuanya pasti bisa dilakukan jika sering berlatih. Melukis di atas kanvas besar atau kecil secara konseptual sama saja, asalkan anda sudah paham tekniknya.

Label: Kesenian, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s